FORKAB Tulungagung Dan Dinkes Tulungagung Mengunjungi Desa Desa ODF di Kecamatan Gondang



Di dusun Kudan desa Tiudan kecamatan Gondang Tulungagung



Forum Kabupaten Sehat [FORKAB] Tulungagung dan Dinas Kesehatan Tulungagung mengadakan blusukan selama satu hari ke 4 desa ODF [Open Defecation Free] di kecamatan Gondang Tulungagung hari Rabu kemarin, 28/12/2016. Acara ini mendapat liputan JTV.

Desa ODF adalah desa  sehat dan bersih yang sudah bebas buang air besar sembarangan.

Acara dimulai dengan mengunjungi Puskesmas Tiudan sebagai pendamping Sanitasi Total Berbasis Masyarakat [STBM] di dua desa yang mau dikunjungi yaitu desa Tiudan dan desa Sidomulyo.


Dari Puskesmas Tiudan, rombongan meluncur ke Balai Desa Tiudan lalu bersama rombongan kepala desa Tiudan menuju lokasi ODF di dusun Tudan dan menengok Jamban Umum untuk warga.

Ermawati Setiyoko bagian Sanitasi Puskesmas Tiudan dan Bidan Koordinator juga ikut ke Balai Desa Tiudan dalam rangka koordinasi persiapan deklarasi desa ODF


Dari dusun Tudan, rombongan menuju desa Sidomulyo yang pada tanggal 15 Desember 2016 telah mengadakan deklarasi sebagai desa ODF.


Dari desa Sidomulyo, rombongan menuju ke desa Ngrendeng. Di desa ini rombongan melihat sungai berpagar yang merupakan salah satu upaya desa Ngrendeng mencegah warga desa buang air besar di sungai.


Blusukan berahir di desa Kiping dengan mengunjungi salah satu rumah warga yang mendapat bantuan pembangunan jamban. Di sini FORKAB memberikan santunan kepada seorang nenek warga desa.[SIWI SANG sumber http://www.siwisangnusantara.web.id ]





FORKAB Tulungagung Dan Dinkes Tulungagung Mengunjungi Desa Desa ODF di Kecamatan Gondang FORKAB Tulungagung Dan Dinkes Tulungagung Mengunjungi Desa Desa ODF di Kecamatan Gondang Reviewed by SIWI SANG on January 19, 2017 Rating: 5

No comments

#FBM2017

#FBM2017