SOP Alur Layanan Di Puskesmas





Kinerja USAID telah mendampingi Dinas Kesehatan Tulungagung untuk mengembangkan Standar Operasional Prosedur (SOP) di 3 Puskesmas yaitu Beji, Ngunut, dan Kauman dalam bentuk SOP alur layanan yang ditampilkan di ruang tunggu atau loket sehingga masyarakat mengerti alur layanan Puskesmas. 


“Yang kami kembangkan adalah SOP alur layanan,” ujar M. Sukarni dari LPSS Tulungagung dalam Lokalatih Penyusunan SOP Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) bagi 28 Puskesmas Tulungagung di ruang rapat Bappeda, Kamis (7/6). Kegiatan ini meruakan upaya replikasi dari 3 Puskesmas yang telah menyusun SOP alur layanan.

Menurut Sukarni, SOP alur layanan tidak menggunakan kata-kata medis. SOP ini menggambarkan waktu pelayanan, lama pelayanan, pemberi layanan, biaya layanan. Formatnya berupa gambar dan alur layanan.

“Masyarakat butuhnya alur layanan. Dari loket harus kemana dan dilayani apa, bisa diketahui dari alur layanan. Sebenarnya rata-rata Puskesmas sudah memiliki, namun mungkin kecil dan tidak ditujukan kepada masyarakat,” terang Sukarni.

Sukarni menambahkan bahwa SOP masing-masing Puskesmas berbeda. Menurutnya, jika ada puskesmas meniru SOP dari puskesmas yang memiliki layanan USG, sedangkan Puskesmas yang bersangkutan tidak memiliki fasilitas USG, maka bisa dituntut oleh pengguna layanan jika terjadi sesuatu di tengah pelayanan pada pasien.

Perbedaan SOP masing-masing Puskesmas juga diamini dr. Nanik Azizah dari Puskesmas Kauman. “SOP disesuaikan dengan segala hal yang ada di Puskesmas yang bersangkutan, jadi besar kemungkinan masing-masing Puskesmas akan berbeda,” ujarnya.

SOP Alur Layanan Di Puskesmas SOP Alur Layanan Di Puskesmas Reviewed by SIWI SANG on October 09, 2016 Rating: 5

#FBM2017

#FBM2017