DEKLARASI ODF RW.4 DUSUN KUDAN

Deklarasi ODF RW.4 Dusun Kudan, Desa Tiudan, Kec. Gondang, Tulungagung, Kamis (19/1).


jwtulungagung, 19/1 — Sebagai bagian upaya untuk mencapai Tulungagung ODF tahun 2019, awal tahun 2017 ini RW.4 Dusun Kudan, Desa Tiudan, Kecamatan Gondang, pagi ini (19/1) melaksanakan Deklarasi ODF di Balai Desa Tiudan. Kegiatan ini dihadiri sekitar 70 orang dari berbagai unsur se-desa Tiudan (seluruh RW di Tiudan), Camat Gondang, Kapolsek Gondang, Koramil Gondang, Forkab Tulungagung, Dinas Kesehatan Tulungagung.

Deklarasi menjadi tahap untuk memastikan proses Desa Tiudan ODF meskipun masih diinisiasi tingkat RW. Demikian juga, disamping Sidem, Wonokromo, dan Sidomulyo, dari 8 Desa wilayah kerja Puskesmas Tiudan, sejatinya hampir semua desa di wilker Puskesmas Tiudan telah terintis ODF meskipun masih dalam lingkup lingkungan kecil di masing-masing desa. Dr. Aris Setiawan, Kepala Puskesmas Tiudan, dalam sambutannya menyampaikan hal tersebut dengan harapan desa-desa lain akan segera menyusul 100% ODF yang akan menjadi pendorong kecamatan hingga Kabupaten Tulungagung ODF. Tercatatnya Desa Sidomulyo (yang juga di wilker Puskesmas Tiudan) sebagai Desa ODF ke-101, lebih lanjut dr. Aris menyampaikan, perlu kerja lebih serius untuk mencapai 100% ODF mengingat wilayah Gondang dilalui sungai dan kebiasaan BAB di sungai sudah turun-temurun dan masih melekat sebagai kebiasaan di beberapa warga. Bahkan, bagi beberapa warga yang masih terikat kebiasaan masa lalu, Camat Gondang, Tri Wantoro, S.Sos, M.Si, menyampaikan bagi mereka BAB di sungai itu kenikmatan tersendiri, praktis dan tidak repot.

Percepatan Desa ODF perlu terus dilaksanakan, diantaranya melalui sosialisasi penyadaran pentingnya lingkungan yang sehat, termasuk aliran air sungai yang bersih dan sehat. Agus Suprijanto, Kasi PL Dinkes Kabupaten Tulungagung memberikan ilustrasi penyebaran virus polio dapat melalui air yang digunakan memasak dan minum telah terkontaminasi tinja yang mengandung virus polio. Jika itu terjadi, penyakit ini akan tersebar dan menimbulkan kelumpuhan (ditandai dengan pengecilan tangan dan kaki).

Dan yang paling penting adalah ketersediaan jamban di setiap rumah. Agus menambahkan, bagi masyarakat miskin, pengadaan jamban menjadi tanggung jawab negara, dan dapat dibantu melalui pengalokasian dari ADD. Wajib Effendy, Kepala Desa Tiudan menginformasikan, berkat ketelatenan sanitarian (Ermawati) dan bidan desa (Yuyun Yudiawati) Puskesmas Tiudan mendorong kesadaran warga, akhirnya jamban umum yang sempat tak mangkrak, kini telah siap difungsikan kembali. Pelepasan balon oleh Kades Tiudan, tepat pukul 10.19 menandai Deklarasi ODF di Desa Tiudan. (Tjut Zakiyah Anshari, Jurnalis Warga Tulungagung)

DEKLARASI ODF RW.4 DUSUN KUDAN DEKLARASI ODF RW.4 DUSUN KUDAN Reviewed by Bunda Zakyzahra Tuga on January 19, 2017 Rating: 5

No comments

#FBM2017

#FBM2017